Prodi Teknologi Hasil Perikanan FPIK UNMUL laksanakan PKKMB dan Kuliah Umum Tahun 2022

Admin - Published : 16 Agustus 2022

Shares:

Share on twitter
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2022/2023 yang diselenggarakan dalam bentuk kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan kuliah umum di lingkungan THP FPIK Universitas Mulawarman. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 16 Agustus 2022 di Ruang Kerapu, FPIK Universitas Mulawarman.

Kegiatan PKKMB dan kuliah umum ini dihadiri oleh Dekan FPIK Univesitas Mulawarman Dr. Ir. Komsanah Sukarti, MP dan Wakil Dekan I FPIK Dr. Hj. Elly Purnamasari, S.Pi., M.Si, adapun kegiatan ini pertama kalinya diselenggarakan secara luring setelah masa pandemi Covid-19 yang sebelumnya diselenggarakan secara daring.

Kegiatan PKKMB meliputi pemaparan materi oleh dosen program studi THP. PKKMB dapat dijadikan sebagai momentum mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi mengenai sistem akademik diperguruan tinggi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menyiapkan mahasiswa baru untuk melewati proses transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi, adapun hal ini selanjutnya dapat berperan dalam pembentukan jati diri mahasiswa melalui pembentukan karakter yang diajarkan selama kegiatan PKKMB berlangsung.

Rangkaian selanjutnya dari program pengenalan kampus ini adalah kuliah umum. Kuliah umum ini diberikan oleh Assoc. Prof. Dr. Nurul Huda (University Malaysia Sabah) dan dimoderatori oleh Irman Irawan, S.Pi., M.P., M.Sc., Ph.D (Ketua Program Studi THP, FPIK Unmul). Kegiatan ini mengusung tema “Chemical Composition and Nutritional Quality of Marine and Aquaculture Products” dan diselenggarakan dengan metode hybrid, yaitu secara daring dan luring.

Penyampaian materi yang dilakukan oleh narasumber meliputi keberagaman komposisi kimia dari organisme laut yang dipengaruhi oleh jenis, spesies, bagian tubuh, umur panen, musim serta lingkungan dari organisme tersebut. Beliau juga menyampaikan besarnya manfaat konsumsi ikan bagi manusia. Bentuk struktural protein ikan tergolong lebih sederhana, yaitu tersusun atas asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh manusia serta kadar asam lemak tidak jenuh, seperti Omega-3 yang esensial bagi tubuh. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi sampai dengan acara selesai.

Sumber : Ilmiani Rusdin (FPIK UNMUL)