Tata Cara Penulisan Naskah

Naskah diketik dengan program MS-Word dalam 1 spasi (Times New Roman, Fontasi 12) pada kertas putih A4  (21 x 29.7 cm) dengan batas tepi 3 cm di masing-masing sisi. Panjang naskah tidak lebih dari 10 halaman atau sekurang-kurangnya 5 halaman termasuk tabel, gambar dan lampiran. Tata cara penulisan isi naskah sebagai berikut:

  • Judul, naskah tidak lebih dari 15 kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris serta harus mencerminkan isi naskah, diikuti degan nama dan alamat penulis.
  • Abstract, merupakan ringkasan teks dari hasil kajian dan tidak lebih dari 250 kata, yang diketik dalam bahasa Inggris. Kata kunci (keywords) ditulis 3-5 kata dan dipilih dengan mengacu pada
  • Pendahuluan, secara ringkas menguraikan permasalahan yang dikaji dan berisi tujuan. Pada pendahuluan tidak perlu menggunakan sub-bab.
  • Metode Penelitian, harus jelas dan ringkas menguraikan lokasi dan waktu penelitian, cara dan bahan penelitian serta analisis yang digunakan dirinci secukupnya, sehingga dapat digunakan oleh para peneliti lainnya dalam mencoba mengulang penelitian terkait. Untuk penulisan review artikel, laporan khusus, resensi buku dan kajian kritis diatur sesuai dengan maksud dan tujuan penulisan.
  • Hasil dan Pembahasan, disajikan secara jelas tanpa detail yang tidak perlu. Tabel diberi nomor urut dan diberi judul yang ditempatkan pada bagian atas tabel yang diawali dari sebelah kiri. Teks satuan ditulis dengan menggunakan satuan internasional (contoh: μm, cm, mm, liter, kg, g, cal, mol, ppm, mg/l, m/det, oC, det, menit). Untuk Gambar berupa grafik, skema, diagram alir, peta dan foto disajikan untuk dapat terbaca dalam format hitam putih (sebagai pembeda harus menggunakan arsiran atau tekstur yang berbeda/bukan warna) dan diberi nomor urut dengan judul diketik di bawah gambar dalam posisi tengah.
  • Kesimpulan, disajikan secara ringkas dengan mempertimbangkan judul naskah, maksud, tujuan, dan hasil penelitian.
  • Daftar Pustaka, disusun berdasarkan abjad tanpa nomor urut dengan ketentuan sebagai berikut: nama pengarang (dengan cara penulisan yang baku), tahun penerbitan, judul artikel, judul buku atau nama dan nomor jurnal, penerbit dan nama kotanya. Untuk jurnal/bulletin disertakan jumlah/nomor halaman, seperti berikut:

 

Jurnal:

Abdunnur, Rafi’i, M dan I. Suyatna. 1999. Variasi Nilai Redoks Potensial dalam Lapisan Sedimen di Perairan Pesisir Pantai Muara Badak. J. Ilmu Perikanan Tropis,  Samarinda. 2(1): 23-34

Vynalek, V. 1994. Determination of Chlorophyll-a in Freshwater using the Whole water Technique. Oxford University Press. J. Plankton Res., Oxford. 16: 795-808

Buku Teks:

Brower, J.E., Zar, J.H. and C.N. Von Ende. 1990. Field and Laboratory Methods for General Ecology. 3rd Ed., Wm. C. Brown Publ., New York.

Sommer, U. 1988. Growth and Survival Strategies of Planktonic Diatoms. Cambridge University Press, New York.

Thesis/Disertasi:

Noryadi. 1998. Studi tentang Produktifitas Perairan dan Kaitanya dengan Nitrogen-Fosfor pada Lapisan Fotik di Gradien Longtuninal Waduk Jatiluhur. Thesis, Program Pasca Sarjana IPB., Bogor.

 

Tata Cara Pengiriman  Naskah

Naskah yang dikirim berupa naskah asli dan harus jelas tujuan, bahan yang dipergunakan dan metode yang diterapkan. Naskah belum pernah dipublikasikan atau dikirimkan untuk dipublikasikan dimana saja. Naskah yang dikirimkan rangkap tiga disertai soft file yang dicopi pada CD. Penulis di lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman dapat mengirimkan naskah langsung ke pengelola jurnal, sedangkan di luar lingkup fakultas dapat mengirimkan naskahnya ke Sekretariat Jurnal Ilmu Perikanan Tropis dengan alamat:

Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univeritas Mulawarman

Kampus Gunung Kelua, Jl. Gn. Tabur No. 1 Lt. 3 Samarinda

Atau mengirimkan soft file ke alamat e-mail berikut:

TFS.Journal@gmail.com