S1-ILMU KELAUTAN

PROFIL

Program Studi S1 Ilmu Kelautan (PS IKL) berdiri berdasarkan berdasarkan Surat Keputusan KEMRISTEKDIKTI Republik Indonesia No. 618/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program STudi Ilmu Kelautan Program Sarjana pada Universitas Mulawarman di Kota Samarinda, maka Program Studi S1 Ilmu Kelautan resmi berdiri. Program Studi S1 Ilmu Kelautan sejak berdiri, bernaung di bawah Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman.

Program Studi Ilmu Kelautan didirikan untuk menjawab tantangan kebutuhan tenaga profesional dalam pengelolaan wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil dengan menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si). Pendidikan pada Program Studi Ilmu Kelautan diarahkan menuju keunggulan kompetitif untuk menghasilkan profesional yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi kelautan dalam eksplorasi dan konservasi sumberdaya laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil yang berkelanjutan pada lingkungan hutan tropis lembap.

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi program studi penyelenggara pendidikan tinggi yang profesional dan inovatif dalam ekplorasi dan konservasi sumberdaya kelautan pada lingkungan hutan tropis lembap Kalimantan Timur pada Tahun 2022

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu kelautan yang profesional dan inovatif guna menghasilkan lulusan berkualitas dan berkepribadian yang mampu menguasai dan menerapkan konsep eksplorasi dan konservasi sumberdaya kelautan pada lingkungan hutan tropis lembap Kalimantan Timur;
  2. Melaksanakan penelitian yang diakui secara nasional dan internasional serta lintas disiplin untuk pengembangan dan pengelolaan sumber daya kelautan pada lingkungan hutan tropis lembap Kalimantan Timur secara optimal berbasis kelestarian dan berkelanjutan;
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian guna menyebarluaskan ilmu dan teknologi bidang kelautan.

KOMPETENSI PRODI

Kemampuan di Bidang Kerja

Mampu melakukan eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut dengan memanfaatkan instrumen observasi, penyelaman ilmiah, pemetaan, sistem informasi kelautan, akustik kelautan, teknik rehabilitasi dan bioteknologi, secara mandiri dan kreatif sebagai wujud kemampuannya untuk beradaptasi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi dengan kekhususan dalam kajian sumberdaya wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil di lingkungan hutan tropis lembap Kalimantan Timur.


Penguasaan Ilmu

Mampu menguasai teori biologi laut, kimia oseanografi, fisika oceanografi, ekologi laut tropis, geomorfologi pantai, dinamika estuaria, penginderaan jauh kelautan, sistem informasi geografi kelautan, penyelaman ilmiah, konservasi, teknik rehabilitasi serta bioteknologi, sehingga mampu mengidentifikasi dan memformulasikan penyelesaian masalah eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut secara sistematis dengan kekhususan dalam kajian sumberdaya wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil pada hutan tropis lembap Kalimantan Timur.


Kemampuan Manajerial

  1. Mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan kondisi kerja secara individual dan dalam tim, serta mampu mengambil keputusan yang tepat, memimpin dan mengorganisir sumberdaya.
  2. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu menyelesaikan masalah berbekal sikap kepemimpinan yang didasarkan pada ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

PENGELOLA

Email : psiklunmul@gmail.com