S1-MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

PROFIL

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan berdiri pada tanggal 21 Agustus 1984 berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Nomor: 102/DIKTI/Kep/1984.

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan terakreditasi dengan Peringkat A yang mulai berlaku pada tanggal 26 Februari 2019 sampai dengan 26 Februari 2024 sesuai dengan Keputusan BAN-PT No. 202/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2019.

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan mempunyai visi, misi, sasaran dan tujuan yang tidak hanya sekedar untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja melainkan juga mampu menjawab kebutuhan pengelolaan sumberdaya perairan yang berbasiskan ekologi hutan tropis lembab yang menjadi ciri utama Provinsi Kalimantan Timur.

Alumni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan mampu berkontribusi dan berperan aktif pada pengelolaan sumberdaya perairan Kalimantan Timur dan kawasan nasional. Berkaitan hal tersebut, visi dan misi manajemen sumberdaya perairan diharapkan mampu menjawab tantangan pengelolaan sumberdaya perairan.

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga profesional dan berdaya saing tinggi di bidang pengelolaan sumberdaya perairan pada lingkungan hutan tropis lembab di Kalimantan Timur hingga tahun 2022.

MISI

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu menjawab kebutuhan sumberdaya manusia profesional di bidang pengelolaan sumberdaya perairan yang bercirikan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,terampil, dan kreatif di bidangnya, mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan dan menentukan alternatif metode pemecahannya secara sistematis serta mampu mengembangkan kemampuannya dalam mengelola sumberdaya perairan secara optimal dan lestari
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif (development research), penelitian implementatif (applied research) yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah nasional dan publikasi ilmiah internasional.
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pengelolaan sumberdaya perairan untuk pengembangan dan pemberdayaan melalui kegiatan pengabdian masyarakat.
  4. Memaksimalkan keberdayaan dosen, tenaga administrasi, mahasiswa, alumni danstakeholdersdalam berbagai kegiatan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.
  5. Menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders untuk pengelolaan dan pengembangan sumberdaya perair

GELAR YANG DIBERIKAN

Gelar yang diberikan untuk lulusan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan adalah Sarjana Perikanan (S.Pi).

PENGELOLA

Ketua Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan:

Lily Inderia Sari, S.Pi, M.Si