S1-AGROBISNIS PERIKANAN

PROFIL

Prodi ABP berdiri tahun 1984 (SK Dirjen Dikti No. 102/DIKTI/Kep./1984) dengan nama awal Prodi Sosial Ekonomi Perikanan yang kemudian disesuaikan namanya menjadi Prodi Agrobisnis Perikanan sejak tahun 2007 (SK Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/Kep/2007).

Prodi ABP akreditasi dengan peringkat B dalam kurun waktu 5 tahun tanggal 6 November 2018- s.d. 6 November 2023 (Keputusan BAN-PT No. 3021/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018).

Prodi ABP memiliki subjek kajian yang luas yaitu aspek sosial, ekonomi dan budaya pada komunitas masyarakat perikanan di wilayah lingkungan perairan hujan tropis dengan beragam usaha di bidang perikanan tangkap, budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Komunitas masyarakat perikanan di wilayah lingkungan perairan hutan hujan tropis ini memiliki karakter spesifik karena kondisi sumberdaya alam yang berbeda dengan komunitas masyarakat perikanan di wilayah lainnya di Indonesia. Dengan demikian Prodi ABP memiliki penciri dan keunggulan lokal yang membedakan dengan prodi lain yang sejenis di Indonesia

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi PS yang unggul dan profesional di bidang Agrobisnis Perikanan dan Kelautan berbasis lingkungan hutan tropis lembab (tropical rain forest) di Indonesia pada tahun 2024.

MISI

  1. Mengembangkan kualitas manajemen pendidikan dan pengajaran di bidang Agrobisnis Perikanan dan kelautan berbasis kompetensi dengan menerapkan prinsip-prinsip penjaminan mutu dan didukung oleh keteguhan moral, jiwa kewirausahaan dan profesionalisme.
  2. Mengembangkan riset penelitian dasar, terapan dan inovatif di bidang Agrobisnis Perikanan dan kelautan sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta memperhatikan kelestarian lingkungan.
  3. Mengembangkan kerjasama dan jejaring penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Agrobisnis Perikanan dan kelautan serta peningkatan kinerja, kerjasama (networking) dan memperkuat jaringan dengan pihak luar dan pengguna lulusan baik regional dan internasional.

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN

  1. Lulusan Program Studi Agrobisnis Perikanan bergelar Sarjana Perikanan (S.Pi.)
  2. Lulusan Program Studi ABP memiliki kompetensi utama sebagai ahli di bidang sosial dan ekonomi perikanan.
  3. Lulusan memiliki pengetahuan di bidang manajemen bisnis dan kelautan dalam rangka pembangunan sektor perikanan dan kelautan secara terpadu.
  4. Lulusan berperan dalam menyumbangkan pikiran dalam pembangunan daerah dan nasional, khususnya di bidang perikanan dan kelautan.
  5. Lulusan mampu bersaing dalam global market dan tersebar pada berbagai tempat kerja.

PROFIL LULUSAN

  1. Analis Ekonomi Perikanan dan Pemberdayaan Masyarakat
  2. Asisten Peneliti Bidang Perikanan dan Kelautan
  3. Wirausahawan untuk Produk dan Jasa Perikanan
  4. Penyuluh Perikanan Profesional

PENGELOLA

Ketua Jurusan :

Dr. Ir. Said Abdusysyahid, M.Si.

Sekretaris Jurusan :

Eko Sugiharto, S.Pi.,M.Si.

Koordinator Program Studi :

Dr. Hj. Elly Purnamasari, S.Pi.,M.Si.

LABORATORIUM

Ketua Lab. Pengembangan Masyarakat

Erwiantono, S.Pi.,M.Si.

Lab. Agribisnis Perikanan

Qoriah Saleha, S.Pi., M.Si.

Lab. Ekonomi Sumberdaya Perikanan

Nurul Ovia Oktawati, S.Pi.,M.Si.