SEJARAH FPIK UNMUL

Pada awalnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman dibuka sebagai Jurusan Perikanan pada Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman pada tanggal 26 Februari 1976. Pada waktu itu belum dikenal dengan istilah program studi, tetapi sistem semester dengan masa studi 4 tahun sudah mulai diterapkan. Berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 102/DIKTI/Kep/Tahun 1984 Jurusan Perikanan pada Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman ditetapkan menaungi tiga program studi yaitu Program Studi Budidaya Perairan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan.

Sesudah mengalami perjuangan cukup lama, pada tanggal 27 Desember 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 237/O/2000, Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman berubah statusnya menjadi fakultas tersendiri dan diberi nama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur kemudian meresmikan beroperasinya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman pada tanggal 07 Februari 2001 dengan Struktur pimpinan periode pertama saat itu dengan masa jabatan 2001 – 2005 adalah:

  1. Dekan : Dr. Ir. Achmad Syafei Sidik, M.Sc.
  2. Pembantu Dekan I : Ir. Bob Suroso
  3. Pembantu Dekan II : Ir. Iwan Suyatna, M.Sc., DEA
  4. Pembantu Dekan III : Ir. H. Abdul Hadi Syarban

Pada tahun 2004 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman membuka Program Konsentrasi Studi Teknologi Hasil Perikanan yang dibina di bawah Jurusan Budidaya Perairan dan pada tahun 2008 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman membuka Program Konsentrasi Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan yang dibina di bawah Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan. Dalam jangka panjang program kedua konsentrasi tersebut akan dikembangkan menjadi jurusan dan program studi tersendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan.

Sampai dengan saat ini, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman sudah memiliki tiga Jurusan yaitu Jurusan Budidaya Perairan, Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dengan lima program studi jenjang Strata 1 (S1) yaitu PS. Budidaya Perairan, PS. Manajemen Sumberdaya Perairan, PS. Sosial Ekonomi Perikanan, PS. Teknologi Hasil Perikanan, dan PS. Ilmu Kelautan serta satu program studi Jenjang Megister (S2) yaitu Program Magister Program Studi Ilmu Perikanan.