FPIK Unmul Adakan FPIK Research Seminar 2017

Rabu, 13 September 2017 bertempat di Ruang Rapat Arwana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan -Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan Research Seminar 2017. Dengan TemaThe Contribution Of Tropical Fisheries knowledge to Development: Challenges And Future Directions”.  Acara yang dimulai pada pukul 09.00 ini diawali dengan Laporan Ketua Panitia, Wakil Dekan Bidang Akademik oleh Dr. H. Bambang I Gunawan, S.Pi., M.Si

Ketua panitia Dr. H. Bambang I Gunawan, S.Pi., M.Si, dalam laporannya, mengucapkan selamat datang kepada Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, Bapak Dekan FPIK, Dr. Ir. H. Iwan Suyatna M.Sc DEA, dan seluruh peserta FPIK Research  Seminar 2017 dengan tema The Contribution Of Tropical Fisheries knowledge to Development: Challenges And Future Directions”. Dalam pemilihan tema ini didasari pada keinginan civitas academica FPIK untuk merumuskan konsep dan iplementasi perikanan tropis berbasis lingkungan hutan hujan lembab.

Wakil Dekan Bidang Akademik, menambahkan, tujuan dari FPIK Research Seminar ini adalah Menumbuhkan dan mengembangkan iklim akademis khususnya di bidang penelitian di kampus, mengembangkan budaya knowledge sharing antar peneliti FPIK, menyusun plafform untuk penelitian-penelitian strategis FPIK berbasis isu, kebijakan dan perkembangan keilmuan dengan pendekatan cutting-edge, dan merumuskan road map pengembangan penelitian perikanan tropis ( tropical fisheries and aquaculture ) yang berbasis PIP Unmul.

Sementara itu , dalam sambutannya Dekan FPIK Unmul, Dr. Ir. H. Iwan Suyatna, M.Sc. DEA, menyampaikan dukungan Fakultas atas kegiatan ini dan mendorong untuk di publikasikan kedalam jurnal Internasional. Harapannya agar Fakultas akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti seminar Nasional dan Internasional dalam waktu dekat ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan dan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul  Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, dalam sambutannya mengatakan bahwa Universitas Mulawarman sangat mendukung kegiatan seperti ini, dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang Unmul untuk menjadi Universitas berstandar Internasional, di samping itu hasil penelitian juga dapat digunakan oleh pemegang kebijakan dan pihak industri, dan yang paling penting adalah hasil-hasil penelitian dosen dapat di implementasikan dalam bahan-bahan perkuliahan bagi mahasiswa sehingga  sesuai dengan kondisi dilingkungan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman.

Bagi perguruan tinggi, penelitian dosen selain menambah referensi pengetahuan, juga akan meningkatkan citra perguruan tinggi, menjadikan perguruan tinggi tersebut dikenal sebagai sumber  pengembangan ilmu pengetahuan.  Perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memecahkan problema-problema pembangunan dalam memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat.  Oleh karena itu, kegiatan penelitian harus terus dipacu, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Adapun pembicara yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam FPIK Research Seminar 2017 ini adalah