Kegiatan Seminar Nasional Dan Pelantikan DPW FPBI KALTIM

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman menyelenggarakan Seminar Nasional dan sekaligus Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Forum Pemuda Bahari Indonesia Kalimantan Timur ( DPW FPBI Kaltim ) pada Selasa (10/10). Bertempat di Aula Auditorium Unmul. Dalam seminar ini  turut hadir  Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Umum Dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si.

Dalam Sambutannya Ketua Panitia Dr. Bambang Indratno Gunawan, S.Pi., M.Si menyampaikan selamat datang khususnya kepada Pembicara dan Peserta Seminar Nasional Perikanan Dan Ilmu Kelautan Unmul 2017 dengan  tema “Strenghtening Tropical Fisheries Management And Maritime Development In The Rain Forests Enviroment”  atau Memperkuat Pengelolaan Perikanan Tropis Dan Pembangunan Kemaritiman di Lingkungan Hutan Hujan Lembab. Berkaitan dengan tema tersebut kami menghadirkan pembicara kunci, yakni Prof. Dr. Ir. Sulistiono, M.Sc dari Guru Besar FPIK IPB, dan 3 pembicara undangan yakni : Ibu Dr. Gusti Noorlitaria Achmad, SE., MM Selaku Pembina FPBI Kaltim, Dr. Ir. H. Zairin Zain, M.Si, Kepala BAPPEDA Provinsi Kalimantan Timur dan Bapak Prof. Dr. Ir. A. Syafei Sidik, M.Sc, Guru Besar FPIK Unmul. Adapun jumlah pesrta dalam seminar Nasional Perikanan ini sebanyak 300 orang yang terdiri dari Pembina, Pengurus Pusat dan daerah FPBI se Kaltim, Organisasi Kepemudaan se Kaltim, Kepala Dinas SKPD Kaltim terkait, dan Dosen serta Mahasiswa di Lingkungan Universitas Mulawarman. Seminar ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi perikanan tropis berbasis lingkungan hutan hujan lembab sebagai implementasi PIP Unmul dan memahami Kebijakan daerah dalam pembangunan kemaritiman di Kalimantan Timur. Selain itu, kegiatan pelantikan Pengurus DPW FPBI Kaltim dalam seminar Nasional ini dimaksudkan untuk membentuk wadah strategis bagi pemuda dan mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang kebaharian dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran dan penghayatan dalam pembangunan berwawasan maritim serta semangat bela Negara.

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, dalam sambutannya , Saya ingin menegaskan bahwa hari ini ada dua agenda yang sangat penting dan sama-sama strategis,. Di lantai 4 rektorat ada seminar  Internasional, yg membahas soal  perbatasan dalam kaitannya pembangunan Negara dan Internasional, kebetulan yg hadir di sana Gubernur Kaltara yg juga Alumni Fakultas Pertanian Unmul Dr. Ir. H. Irianto Lambrie,  juga ada Komandan Korem, Tp saya lebih memilih menghadiri Seminar FPIK Unmul karena rasanya yang menjadi fockus perhatian kita adalah  tdk lepas dari 2 agenda penting yaitu agenda Nasional Program Kerja Presiden kita menjadikan Indonesia sebagai Porus Maritim Dunia, yang tidak kalah menariknya  adalah mengangkat dan mengkaji tentang apa yg menjadi visi misi atau PIP nya unmul yaiu Tropicals Studies Hutan Lembab dan Lingkungannya dikaitkan dengan Maritim Tropis. Dan yang menarik lagi  adalah, saya ingat betul Presiden Pertama Indonesia selalu menyampiakn berikan aku 10 Pemuda untuk mengguncang Dunia. Hari ini kita akan melantik Forum Pemuda Bahari Indonesia dan kehadirannya bukan hanya 10 orang, tapi sangat banyak, rasanya  bukan hanya Dunia yang akan di guncang tapi bagaimana mengangkat dan menjadi penyelamat Bahari, Lingkungannya, dan yang menjadi persoalan kita pada saat ini. Itu alasan penting kenapa saya hadir dalam Acara Seminar ini. Tutu Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si

Lanjut Rektor,  Apalagi tadi sudah di sampaikan Ketua Panitia,  Ketua FPBI, dan  dekan, potensi kelautan Indonesia yang sangat cukup luas dari sisi potensi lautnya banyak sekali potensi2 yang bisa di  gali dan kita manfaat kan, jadi kalau  itu bisa di galki, bisa dimanfaat kan dengan baik, saya poikir, cita kita, cita cita pemerintah Pemerintah Jokowi menjadi Porus Maritim dunia rasanya Insya Allah akan  terwujud.

Harapan saya dlam seminar ini akan lahir beberapa rekomendasi  apalagi ada prof  Dr. Ir. Sulistiono, ada Prof Syafei, ada pakar maritime yang datang mengkaji  sedikitnya perhatian pemerintah Nasional Maupun Pemerintah Daerah terhadap keilmuan yang dimiliki oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menjadi suatu keilmuan yang sangat strategis  sehiingga bisa menjadi kekuatan untuk membangun Bangsa dan Negara.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>