Kuliah Umum FPIK UNMUL: Kajian Ekotoksikologis Pencemaran Perairan di Kalimantan Timur

J

Jum’at (13/10) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman (Unmul) mengadakan kuliah umum dengan Tema ; “ Kajian Ekotoksikologis Pencemaran Perairan di Kalimantan Timur.

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas FPIK ini menghadirkan Narasumber  dari Dosen Universitas Diponegoro yakni Dr. Haeruddin, M.Si. Kuliah umum ini dihadiri oleh para dosen dan  Mahasiswa FPIK.

Kuliah Umum, di awali dengan sambutan Dekan FPIK Unmul yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. Dalam sambutannya Dr. Bambang Indratno Gunawan, S.Pi., M.,Si.menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada para Dosen dan Mahasiswa atas kesediaan menghadiri kuliah umum dengan tema Kajian Ekotoksikologis Pencemaran Perairan di Kalimantan Timur”. Tema kuliah umum ini sangat penting, mengingat isu yang berkembang saat ini banyak dibicarakan di tingkat Nasional maupun di Tingkat Internasional Marine Debris (sampah laut) karena sampah plastic sangat membahayakan kelangsungan organisme perairan dan kehidupan manusia.Kuliah umum ini juga diharapkan dapat meningkatkan iklim akademik dalam rangka peningkatan Akreditasi A.

Lanjut Dr. Bambang, Semoga kedepannya ada kerjasama antara FPIK Undip dan FPIK Unmul untuk meningkatkan kualitas Jurnal ilmiah yang terakreditasi. Setelah menyampaikan sambutan di lanjutkan dengan penyerahan  Plakat oleh Dr Bambang Indratno Gunawan selaku yang mewakili Dekan kepada Narasumber Bapak Haeruddin, M.Si.

Sementara itu, Dr. Haeruddin sebagai Narasumber memaparkan dampak negative dari industry perkebunan dan industry migas terhadap kualitas perairan dan ikan. Dr. Haerudiin juga memaparkan hasil-hasil penelitian Keran Darah dan mengajak para Dosen agar bekerjasama dibidang penelitian tentang Ekotoksikologis. Di akhir sambutannya Beliau berpesan kepada para Mahasiswa agar selalu menjadi pelopor untuk penanggulangan sampah plastic, dan tidak membuang sampah plastic sembarangan, tambahnya.

Dalam sesi diskusi, ada beberapa dari Dosen dan Mahasiswa FPIK memberikan pertanyaan terkait Ekotoksikologis kepada Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>