Untuk Meningkatkan Pengetahuan; FPIK Adakan Seminar Nasional

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman menyelenggarakan Seminar Nasional pada Jum’at (21/09). Bertempat di Ruang Kerapu FPIK Unmul. Dalam seminar yang bertema “Towards Sustainable Fishieries and Aquaculture Develpment : Governance, Biodiversity and Conservation ini  turut hadir  Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir. H. Mustofa Agung Sardjono.Narasumber yang di hadirkan dalam Seminar Nasional ini yakni Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc., Phd dari Universitas Diponegoro, Ir. H. Pahmi Ansyari, MS dari Universitas Lambung Mangkurat, dan Danielle Kreb, Phd dari Yayasan Konservasi RASI.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Dr. H. Bambang Indratno Gunawan, S.Pi., M.Si menyampaikan tujuan Seminar Nasional ini adalah untuk meng-update perkembangan ilmu Perikanan Tropis dan dampaknya dalam Sustainable Development Goals (SDGs),selain itu untuk meningkatkan pembangunan perikanan tangkap dan budidaya berbasis pembangunan berkelanjutan dalam perspektif Governance (tata kelola), Biodiversity (keanekaragaman hayati) dan Convervation (konservasi).Dalam kegiatan ini di isi dengan sesi keynote speech dan dilanjutkan dengan sesi panel yang di isi oleh pembicara dari Dosen FPIK Unmul.

Dalam sambutannya Dekan FPIK Unmul Dr. Ir. H. Iwan Suyatna, M.Sc DEA menyampaikan bahwa ada hal penting dalam penyelenggaraan kegiatan Seminar Nasional ini yakni dalam rangka silaturahmi dan juga yang tak kala penting adalah sebagai ajang berbagi ilmu dan pengetahuan di antara kita, sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dan teknologi harus terus di update setiap saat. Kemudian selain itu pada dasar nya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unmul setiap bulan selalu melaksanakan seminar hasil riset penelitian para Dosen  dengan menggunakan anggaran dari Fakultas FPIK,  namun pada saat ini kegiatan seminar setiap bulan di akumulasikan dalam seminar Nasional saat ini.Semoga dalam kegiatan Seminar ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa FPIK dan dapat meningkatkan kualitas bagi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unmul.

Sementara itu Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. H. Mustofa Agung Sardjono sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini apalagi dengan tema  yang berbicara tentang Governance (pemerintah) karena pada biasanya di kalangan universitas hanya berpaku kepada satu aspek, padahal banyak kasus  di bidang kehutanan aspek utama yang paling menonjol adalah isu aspek sosial politik.

Seminar ini di akhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta seminar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>