Pemanfaatan potensi hasil dari usaha buddiaya dan tangkapan nelayan yang cukup besar dilakukan melalui kegiatan usaha pengolahan hasil perikanan yang dapat meningkatkan nilai tambah produk, peningkatan pendapatan dan menjadi instrument penguatan ekonomi rumah tangga pelaku usaha. Pengembangan kegiatan usaha ini membutuhkan berbagai upaya perencanaan yang diawali dengan identifikasi potensi usaha dan pelaku usaha dalam hal ini adalah yang tergabung dalam kelompok usaha bersama pengolah hasil perikanan (POKLAHSAR).
Kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa penyuluhan ini adalah
kegiatan yang berorientasi pada aplikasi keilmuan di perguruan tinggi. Dosen
yang mengampu tugas dalam Tridarma Perguruan Tinggi satu diantaranya adalah
dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui kegiatan
penyuluhan langsung ke masyarakat perikanan. Kegiatan Penyuluhan ini telah
dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 dengan lokasi desa Saliki
Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara dengan peserta dari anggota
POKLASHAR sejumlah 20 orang dan 5 dari aparat desa Saliki.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dengan
mendatagkan narasumber diantaranya sebagai berikut:
1. Prof Dr Ir H Helminuddin,MM, yang menyampaikan
tentang manjemen marketing.
2. Gusti
Haqiqiansyah,SP,M.Si tentag kewirausahaan, kelembagaan dan partisipasi
masyarakat.
3. Muhammad Syafril,S.PiM.Si, tentang analisis dan
kelayakan usaha.
4. Demontrasi (pembuatan
kerupuk dan terasi) yang diperagakan oleh saudari Nurul Afdhaliah dan
Siti Nuralisa.
Disamping diisi dengan kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan
ini juga dimanfaatkan dengan menyelenggarakan penandatanganan Perjanjian
Kerjasama (PKS) sekaligus penyerahan plakat antara FPIK UNMUL dengan Desa
Saliki yang di wakili oleh ibu Wakil Dekan I, Dr Hj Elly
Purnamasari,S.PiM.Si dengan Kepala desa Saliki Bapak Saliansyah,S.Kom.
Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh jurusan Sosial Ekonomi Perikanan ini ditutup dengan berfoto Bersama antara seluruh staf dosen dan administrasi dengan peserta.