Dalam meningkatkan kualitas dan keterbukaan informasi yang ada di Lingkungan Universitas Mulawarman (UNMUL), Unit Layanan Terpadu (ULT) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) mengadakan kegiatan pelatihan konten kreator dengan tema ‘Menjadi Konten Kreator untuk Mendukung Keterbukaan Informasi Publik’.
Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu (25-26/06/2024), Ruang Lecture Theatre, di Gedung Integrated Laboratory (Ilab). Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, H. Irman Irawan, S.Pi., M.P., M.Sc., Ph.D., Kepala Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Kepala Unit Layanan Terpadu (ULT), Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tingkat Fakultas, jajaran staf ULT UNMUL, dan Sugata Salim selaku narasumber yang berasal dari Perfoma Plus Consultant.
“Akan ada penilaian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2024 mengenai keterbukaan informasi publik dan akan ada dua pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Fakultas terbaik yang akan diajak ke Malang dalam rangka benchmarking PPID UM,” kata Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., selaku Kepala Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Kepala Unit Layanan Terpadu (ULT) dalam sambutan sekaligus laporannya.
Perkembangan teknologi yang mempengaruhi produksi informasi di era digital saat ini sangat berperan penting dalam kebutuhan pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk mengemas informasi melalui strategi-strategi tertentu agar menarik minat masyarakat. Dapat diambil contoh seperti berita elektronik dari yang dahulu hanya berupa koran, karena untuk menyesuaikan perkembangan zaman serta gaya hidup manusia.
“Tujuan pelatihan ini agar informasi yang ingin disampaikan bisa kita kemas secara menarik. Sehingga, pesan atau informasinya bisa diterima oleh publik,” lanjut Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., pada sambutannya di acara pelatihan konten kreator dengan tema ‘Menjadi Konten Kreator untuk Mendukung Keterbukaan Informasi Publik’ di Gedung I-Lab, Ruang Lecture Theater, pada hari Selasa (25/06/2024).
Sementara itu, Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, H. Irman Irawan, S.Pi., M.P., M.Sc., Ph.D., menyampaikan inovasi dan terobosan baru yang diselenggarakan oleh PPID UNMUL. Ia turut menyampaikan prestasi Universitas Mulawarman (UNMUL) dalam dua tahun berturut-turut selalu mendapat peringkat dan predikat emas untuk kategori PPID Unit Layanan Terpadu (ULT).
“Harapannya, dengan terbentuknya PPID tingkat Fakultas beberapa bulan lalu, dapat menjadi media kita dalam menyampaikan informasi. Salah satunya pemanfaatan media sosial yang sederhana namun mudah dicerna oleh masyarakat,” imbuh Irman Irawan, S.Pi., M.P., M.Sc., Ph.D., selaku Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi.
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tingkat Fakultas adalah garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Kecanggihan teknologi tidak hanya mempengaruhi lalu lintas informasi menjadi sangat cepat, tetapi juga gaya hidup.
Contohnya, saat ini, berbelanja apapun itu tidak perlu datang langsung ke toko, tetapi cukup dengan membuka aplikasi dan menggunakan fitur pesan luring, barang akan sampai di depan pintu tanpa harus ke luar rumah. Strategi penyampaian informasi ataupun penjualan barang perlu sekali dilakukan agar menarik minat masyarakat melalui pilihan kita dalam membungkus pesan tersebut.
Penulis : Raisha Azzahro
Editor : Sulkarnain
Foto : Rizky Hamdani Anwar
Sumber : unmul.ac.id
berita FS